Tugas Kuliah
Lingkungan Bisnis
Di Susun Oleh :
Abdi Nazarudin (
11.12.2058 )
Adam M Kaisar (
11.12.2073 )
Diyah Arum P ( 11.12.2048 )
Dwi Ujianti (
11.12.2044 )
Febri Dri S (
11.12.2064 )
Gani Aditya (
11.12.2037 )
Indra Rizky (
11.12.2027 )
Sugiyani Lastari (
11.12.2047 )
Wahyu Budi P (
11.12.2041 )
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AMIKOM PURWOKERTO
Tahun 2011 / 2012
Profil
Perusahaan
Tipe Terbuka (NYSE: F)
Didirikan 1903
Letak Dearborn,
Michigan
Tokoh penting William
Ford, Jr. Ketua Umum & CEO
Industri Otomotif
Produk antara lain : Aston Martin , Ford , Lincoln ,
Mazda , Mercury dan Volvo
Pendapatan $171,65
milyar USD (2004) [1]
Slogan Built
for the Road Ahead.
Situs www.ford.com
Ford
Motor Company, pertama kali merambah dunia otomotif pada tanggal 16 Juni 1903,
saat Henry Ford dan 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama.
Dengan modal 28,000 USD, mereka merupakan pendiri perusahaan yang kini menjadi
salah satu perusahaan terbesar di dunia.Hanya sedikit perusahaan yang tumbuh
bersama berkembangnya industri otomotif pada abad ke-20 ini seperti Ford Motor
Company.Seperti halnya perusahaan besar lainnya, Ford Motor Company memulai
bisnisnya dari skala yang kecil.Pernah tersirat kekhawatiran pada saat Ford
Motor Company baru berdiri.Pada tanggal 20 Juli 1903, kira-kira satu bulan
sejak perusahaan ini berdiri, pengiriman pertama dilakukan kepada seorang
dokter di Detroit.
Produksi Massal dimulai
Salah
satu kontribusi Ford Motor Company terhadap industri otomotif adalah
"moving assembly line".Pertama kali diimplementasikan di pabrik
Highland Park di Michigan, di tahun 1913. Tehnik baru ini memperbolehkan tiap
pekerja untuk menetap di satu tempat dan melakukan perakitan yang sama berulang
kali, terhadap kendaraan yang hendak dirakit yang melewatinya.
Kendaraan
Pertama
Henry
Ford berpendapat bahwa masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan
yang terjangkau bagi masyarakat banyak. Diawal 1903, Ford Motor Company mulai
menggunakan 19 huruf lapabet pertama untuk menamai kendaraan produksinya yang
baru.Di tahun 1908, Model T pertama kali diproduksi. Ford Motor Company
kemudian menjadi raksasa industri otomotif yang kemudian mendunia, setelah 19
tahun berkiprah di dunia otomotif dengan menjual 15 juta kendaraan Model T.
Divisi Mercury didirikan untuk menjawab kebutuhan akan mobil dengan tingkat
harga menengah. Ford Motor Company terus berkembang.
Menjadi
Perusahaan Global
Di tahun 50an, seiring dengan diperkenalkannya Ford
Thunderbird, Ford Motor Company menjadi perusahaan publik.Pada saat menjadi
perusahaan publik pada tanggal 24 Februari 1956, didapatkan 350,000 pemegang
saham baru. Henry Ford II amat peka terhadap perkembangan ekonomi dan politik
pada tahun 50an, sehingga pada tahun 60an FMC berkembang menjadi perusahaan
dunia dengan berdirinya Ford Eropa di tahun 1967, 20 tahun sebelum terbentuknya
Masyarakat Ekonomi Eropa. Ford juga mendirikan North American Automotive
Operation pada tahun 1971 yang menyatukan operasi Ford di Amerika Serikat,
Kanada dan Meksiko, lebih dari dua dekade sebelum berdirinya North American
Free Trade Agreement.
Ford Motor Company bermula seabad yang lalu
dari visi seseorang terhadap produk mobil yang dapat menjawab kebutuhan konsumen.Kini,
FMC adalah bagian keluarga besar industri otomotif yang terdiri dari merek
merek terkemuka seperti; Lincoln, Mercury, Mazda, Jaguar, Land Rover, dan
Volvo.FMC kini telah berkiprah hampir 200 tahun di industri otomotif, dan terus
berkembang menjadi perusahaan global yang senantiasa berorientasi pada
memproduksi mobil untuk menjawab kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah.
JENIS PRODUK FORD MOTOR COMPANY
Yang pertama anggota dari Ford Motor Company. Ford menawarkan
distinctively dirancang kendaraan dan terjangkau untuk berbagai gaya hidup
dunia. Model dari T-mobil yang pertama membawa mobil ke-orang ke yang lebih
baru seperti Mustang favorit di Amerika Serikat, Mondeo di Eropa, EcoSport di
Amerika Selatan dan Teritori di Asia.Kendaraan Ford yang paling popular di
kalangan dunia seperti mobil, truk dan SUV.
Ford Motor Company diperoleh Lincoln Motor Company pada 1922
seharga $ 8 juta.Lincoln menjadi yang pertama "luar" untuk bergabung
dengan keluarga merek Ford dan Ford Motor Company dimulai dari masuk ke dalam
bidang kendaraan mewah.Lincoln dari kendaraan terutama sejarah didominasi oleh
beberapa berkembang baris mobil mewah, termasuk Benua, ditingkatkan dengan
model baru setiap tahun untuk memenuhi tujuan dari merek memberikan
"pengampunan pada finest."
Mercury adalah unik dengan Ford Motor Company keluarga sebagai
satu-satunya merek kendaraan selain Ford diciptakan dari dalam perusahaan.Pada
pertengahan 1930an, manajemen di Ford Motor Company mulai mengidentifikasi
kesenjangan antara baris produk ekonomis Fords dan mewah Lincolns.Mercury
dikembangkan untuk mengisi kesenjangan yang membawa dan Ford Motor Company yang
kompetitif tajam.Disusun sebagai keseimbangan mewah dan keterjangkauan, Mercury
membuktikan sebuah merek fleksibel dan bertahan selama bertahun-tahun.
Dari dunia pertama tiga titik sabuk keselamatan kepada dunia
pertama keselamatan-konsep mobil, Volvo telah menetapkan standar keselamatan
otomotif sejak tahun 1927.Volvo dari komitmen terus-menerus untuk keselamatan,
lingkungan dan inovasi tetap kuat seperti hari ini karena telah lebih dari 80
tahun yang lalu.
Visi Ford Motor
To become the world's leading consumer company for
automotive products and services
Misi Ford Motor
We are a global family with a proud heritage
passionately committed to providing personal mobility for people around the
world.
We anticipate consumer need and deliver outstanding
products and services that improve people’s lives.
• One Team
people working together as lean, global enterprise for
automotive leadership, as measured by : Costumer, Employer, Dealer,
Investor, Supplier, Union/Council, and Community Satisfication
• One Plan
1. Aggresively restructure to operate profitably at
current demand and changing model mix
2. Accelerate development of new products our costumer
want and value
3. Finance our plan and improve our balance sheet
4. Work together effectively as one team
• One Goal
An exciting viable Ford delivering profitable growth
for all
LAYANAN BRAND FORD MOTOR COMPANY
1. Kredit
Ford Motor Company
Ford Motor
Company Kredit dimiliki merupakan anak perusahaan dari Ford.Memberikan
pembiayaan otomotif Ford, Lincoln, Mercury dan Volvo dealer dan pelanggan.
2.
Genuine Parts dan
Layanan
Genuine Parts & Layanan menawarkan keandalan
pabrik terlatih perawatan dan perbaikan, nyaman tersedia melalui Ford, Lincoln,
dan Mercury-dealerships memastikan keunggulan pengetahuan tentang kendaraan
Anda.
3.
Motorcraft ®
Motorcraft ® adalah bagian premi yang disukai pilihan
Ford Motor Company. Dari motor ke transmisi secara minyak dan di antara
semuanya, Motorcraft ® bagian memberikan kualitas luar biasa dan sesuai.
Struktur
Organisasi Ford Motor Company
ANALISIS SWOT FORD MOTOR
KEKUATAN
(STRENGHTS)
1. telah
menjadi automaker terbesar kedua di Eropa
2. industri
yang ramah lingkungan dan mempunyai social responsibility.
3. menerima
beberapa penghargaan dari berbagai pihak atas pengembangan produk dan
pelayanan konsumen.
4. dapat
bertahan dalam krisis global
5. terus
melakukan inovasi-inovasi
|
KELEMAHAN
(WEAKNESSES)
1.
Beberapa daerah pemasaran kurang memberikan respon yang baik
diakibatkan oleh model dari Eropa tidak sebagai harga kompetitif dengan
produk Jepang sebagai saingan, dan tidak pula dianggap handal.
Beberapa
daerah produksi Ford Motor ditutup.
|
||
PELUANG
(OPPORTUNITIES)
1. memiliki
segmen pasar yang cukup luas
2. dapat
lebih bertahan dalam keadaan krisis global dibanding para pesaing lainnya
|
1. sebagai
automaker terbesar kedua di dunia, akan membuat perkembangan segmen pasar
yang akan lebih luas lagi.
2. dengan
melakukan inovasi-inovasi yang lebih akan membuat perusahaan dapat bertahan
dalam krisis global
3. meningkatkan
kualitas terhadap pelayanan terhadap konsumen
|
1. peningkatan
proses pemasaran pada daerah-daerah yang kurang memberikan respon baik.
2. peningkatan
produksi yang tepat guna.
3. lebih
meningkatkan pengendalian internal dan eksternal.
|
|
ANCAMAN
(THREATS)
·
Krisis global yang telah menekan industri otomotif dunia
·
Perkembangan perusahaan pesaing yang significant
·
Kemungkinan adanya pendatang baru yang potensial
·
Tingginya harga bahan baku.
·
5. Kenaikan biaya-biaya operasional.
|
1.
Peningkatan promosi agar meningkatkan penjualan akibat krisis
global
2.
Mepertahankan predikat automaker, dan mengusahakan untuk menjadi
lebih.
3.
Bekerja sama dengan beberapa produsen bahan baku
|
1.
Meningkatan promosi untuk peningkatan penjualan
2.
Pengidentifikasian kemungkinan pendatang baru atau pesaing lama
yang dianggap potensial.
|
|
Values Ford Motor Our
business is driven by our consumer focus, creativity, resourcefulness, and
entrepreneurial spirit.
• We are an inspired, diverse team. We respect and
value everyone's contribution. The health and safety of our people are
paramount.
• We are a leader in environmental responsibility.
Our integrity is never compromised and we make a positive contribution to
society.
• We constantly strive to improve in everything we
do. Guided by these values, we provide superior returns to our shareholders.
Visi Misi Pesaing Perusahaan
1.
TOYOTA
Visi Toyota
Menjadi
perusahaan otomotif yang paling sukses dan dihormati di kawasan Asia Tenggara
dengan memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan kendaraan
Misi Toyota
1. Secara
berkesinambungan menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta
memenuhi kebutuhan pelanggan melalui program pemasaran yang terbaik
2. Mengembangkan karyawan yang berkompeten dengan menciptakan
lingkungan kerja yang baik untuk mendukung tercapainya kepuasan pelanggan
3. Memperkuat kolaborasi dengan produsen, dealer utama dan
dealer-dealer melalui komunikasi dan kerjasama yang lebih baik
4. Untuk
mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek, misalnya
pemenuhan peraturan, lingkungan dan lain-lain.
2. GENERAL
MOTOR (GM)
Visi GM
Our vision
is to be the world leader in transportation products and related services
Misi GM
To market
vehicles developed and manufactured in the United States that are world leaders
in quality, cost, and customer satisfaction through the integration of people,
technology, and business systems and to transfer knowledge, technology, and
experience through GM.
3. CHRYSLER
Visi Chrysler
In order
to safeguard our long-term success and the future of our company, while
enhancing social acceptance for our operations, we have committed ourselves to
a vision of sustainability. This vision encompasses three dimensions of
responsibility:
• We bear responsibility for our Group’s
business performance and long-term economic success.
• We bear responsibility for the sparing use
of our planet’s resources and for maintaining an intact environment – for
present and future generations.
• And we bear responsibility for the people
involved in or affected by our company’s business activities, and for society
as a whole. Our company therefore strives to play a proactive role in shaping
society.
Misi Chrysler
DaimlerChrysler’s
strategy has the goal of increasing corporate value through profitable growth.
We intend to assume a leading role in the worldwide automotive industry. With
regard to the quality of our products and services, the positioning of our
brands and our profitability, we are striving to achieve top position in
international competition. Our strategy is therefore based on the following
strategic dimensions and our fundamental values:
• Superior Products & Customer Experience
• Leading Brands
• Innovation & Technology Leadership
• Global Presence & Network
Peta Posisi Pasar Tahun 2007– 2008
Strategi
Perusahaan
•
Our strategy is to ensure that we have sufficient funding available with
a high degree of certainty throughout the business cycle.
•
Our long-term goal is to improve our core Automotive operations so that
we have a high degree of certainty about our capability to generate cash from
our operations.
•
In addition, our strategy includes maintaining large gross cash balances,
having a long-dated debt maturity profile, maintaining committed credit
facilities, and funding long-term liabilities over time.
• Repay its debt obligations
Strategi
Pemasaran
•
Purchase retail installment sale contracts and retail lease contracts to
support the sale of Ford products, which are influenced by Ford-sponsored
special-rate financing programs that are available exclusively through Ford
Credit,
•
Provide wholesale financing and capital financing for Ford dealers, and
Nilai Perusahaan
Kekuatan perusahaan
1. Produk
memiliki brandmark yang tinggi
Produk
dari Ford Motor merupakan produk yang dikenal luas oleh masyarakat. Hal itu
mengakibatkan konsumen lebih percaya dan memiliki loyalitas terhadap produk
tersebut
2. Memiliki
keanekaragaman produk, seperti Jaguar, Lincoln, Volvo, Mercury,Mazda, dan Land
Over
Ford Motor
menghasilkan berbagai produk sehingga konsumen memiliki banyak pilihan dalam
hal desain, harga, tipe, dan spesifikasi produk.
3. Memiliki
pangsa pasar yang luas mencakup beberapa benua
Ford Motor
memiliki shourum dan dealer yang tersebar di beberapa Negara.
Pangsa pasar tersebut dapat dilihat
dari data di bawah ini :
4. Produk
yang dihasilkan memiliki ciri khas tertentu
Misalnya
penggunaan “rotary engine” yang hanya ada pada Mazda, ciri khas pada design
produk Volvo yang klasik, serta gaya dan kemewahan kontemporer pada Jaguar.
5. System
pemasaran produk eksklusif di tiap benua memiliki perbedaan di setiap Negara
Sebagai
contoh mazda verisa hanya dipasarkan di Jepang karena disesuaikan dengan selera
dan kondisi masyarakat di Jepang.
6. Memiliki
kekuatan operasi yang kuat di Asia, Afrika, dan Mazda
Kekuatan operasi
itu dapat dilihat dari capaian yang kuat dalam tahun fiscal perusahaan.
Pendapatan dari ford Asia, Afrika, dan Ford Mazda memiliki capaian pendapatan
tertinggi bagi perusahaan. Oleh karena itu, ketiga bagian itu dapat dijadikan
sebagai pengarah laba bagi perusahaan.
Identifikasi
Kekuatan Kelemahan Internal
Kekuatan dan
kelemahan internal merupakan aktivitas organisasi yang dapt dikendalikan dengan
sangat baik atau pun sangat buruk.kekuatan dan kelemahan internal tersebut
terdapat dalam aktivitas management, pemasaran, keuangan, dan produk organisai
itu sendiri. Kekuatan dan kelemahan Ford Motor Comany dalam dunia bisnis
otomotif diantaranya :
Analisa Kekuatan
Ford Motor Company:
1. Ford
telah menjadi automaker terbesar kedua di Eropa
2. Ford
Company terus berusaha untuk mengurangi emisi CO 2 dari operasinya merupakan
industri yang ramah lingkungan dan mempunyai social responsibility.
3. Telah
menerima beberapa penghargaan dari berbagai pihak atas pengembangan produk dan
pelayanan konsumen.
4. Memiliki
metode untuk produksi mobil skala besar dan manajemen tenaga kerja industri
yang menggunakan elaborately engineered sequence typified oleh manufaktur
pindah baris assembly. Metode ini dikenal di seluruh dunia sebagai Fordism oleh
1914.
5. Dapat
bertahan dalam krisis global
Beberapa tahun
terakhir Ford Motor mengalami kerugian.Meski demikian, perusahaan dituntut
untuk memiliki likuiditas yang cukup untuk mendanai rencana bisnis dan dengan
demikian, tidak meminta bantuan pemerintah.
6. Terus
melakukan inovasi-inovasi baru
7. Banyak
melakukan kegiatan sosial, terutama bidang pendidikan
8. Memiliki
beberapa perusahaan-perusahaan mitra seperti ini, dapat menawarkan berbagai
produk dan layanan inovatif, antara lain:
Analisa Kelemahan Ford Motor Company:
1. Beberapa
daerah pemasaran kurang memberikan respon yang baik diakibatkan oleh model dari
Eropa tidak sebagai harga kompetitif dengan produk Jepang sebagai saingan, dan
tidak pula dianggap handal.
2. Beberapa
daerah produksi Ford Motor ditutup.
Pada bulan Februari 2002, produksi
mobil Ford di Inggris berakhir.Itu adalah pertama kalinya dalam 90 tahun mobil
Ford yang tidak pernah dibuat di Inggris.
Identifikasi Peluang dan Hambatan
Eksternal
Penilaian eksternal
suatu perusahaan tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan daftar yang panjang
mengenai semua faktor yang mungkin mempengaruhi suatu bisnis, sebaliknya ia
ditujukan untuk mengidentifikasi variable kunci yang menawarkan respon yang
dapat dijalankan. Perusahaan harus dapat merespon dengan baik baik secara
agresif maupun defensive terhadap faktor-faktor yang ada dengan memformulasikan
strategi yang dapat diambil keuntungan dari peluang eksternal atau meminimalkan
pengaruh dari hambatan yang potensial.
Analisa peluang, antara lain:
a. Dimensi
industri
Semakin
berkembangnya kebutuhan manusia akan transportasi, menyebabkan semakin tinggi
pula permintaan terhadap alat-alat transportasi untuk mencapai tujuan/tempat
yang mereka inginkan dengan nyaman dan aman. Hal ini memberikan peluang bagi
Ford Motor untuk lebih mengembangkan usahanya, baik produk yang dihasilkan
maupun pelayanan lain yang mendukung kenyamanan konsumen..
b. Dimensi
pasar
Disini dapat dilihat
peluang dari Ford Motor yang mempunyai keberadaan global dalam bidang
transportasi baik produk mobil yang diproduksi juga mengenai kemudahan
pemberian kredit, dan penjualan motorcraft.
Adapun segmen operasi Ford Motor
Company, yaitu:
1. Eropa
2. Asia
Pasifik
3. Amerika
Selatan
4. Afrika
dan Timur Tengah
c.
Dimensi konsumen
Pengaruh gaya hidup tiap orang akan mempengaruhi dalam memenuhi
kebutuhannya dan akan semakin mempengaruhi tingkat keinginan akan kecepatan,
kemudahan, dan kenyamanan dalam mendapatkan kebutuhan yang memadai, termasuk
transportasi. Ford Motor Company telah menyediakan Kredit Ford Motor Company,
yang merupakan anak perusahaan dari Ford, dengan memberikan pembiayaan konsumen
mobil pinjaman otomotif Ford, Lincoln, Mercury dan Volvo dealer dan pelanggan.
Mendorong pinjaman konsumen, dan angsuran untuk memacu penjualan.
Analisa ancaman, antara lain:
Ancaman Ford Motor Company yang mungkin akan dihadapi, adalah:
a. Krisis
global yang telah menekan industri otomotif dunia
b. Perkembangan
perusahaan pesaing yang significant
c. Kemungkinan
adanya pendatang baru yang potensial
d. Tingginya
harga bahan baku.
e. Kenaikan
biaya-biaya operasional.
Automakers’ 2006 Market
Share in China
Volkswagen
|
16.4%
|
GM
|
10.7%
|
Hyundai
|
9.8%
|
Honda
|
7.7%
|
7.2%
|
|
Toyota
|
6.6%
|
Ford
|
5.7%
|
Nissan
|
5.0%
|
FAW
|
4.9%
|
Geely
|
4.9%
|
Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
Perkembangan
teknologi dalam segala bidang menuntut sebuah inovasi dan transformasi yang
berkelanjutan.Dalam industri otomotif, sebuah sarana transportasi yang modern
diperlukan untuk menunjang keinginan ataupun selera konsumen yang terus
berkembang. Ford sebagai salah satu pemain dalam industri tersebut membutuhkan
inovasi yang kompleks untuk memenuhi selera konsumennya. Namun posisi keuangan
Ford yang berada dalam siklus decline, dimana posisi keuangan terus menurun
dari tahun ke tahun, mengharuskan adanya perubahan yang signifikan dalam
system, maupun manajemennya.
B. Saran
Ford sebagai
perusahaan yang berada di posisi decline membutuhkan evaluasi dan inovasi yang
tepat serta berkelanjutan. Tetap dibutuhkan produk yang berkualitas, namun
dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan selera konsumen.Pengevaluasian
dan respon yang positif atas keluhan – keluhan konsumen juga diperlukan untuk
membantu perbaikan posisi keuangan maupun peringkat brandmark dalam dunia
persaingan yang kian makin ketat antar produsen otomotif.
.