Jumat, 27 April 2012

Li


Tugas Kuliah
Lingkungan Bisnis


Di Susun Oleh :

Abdi Nazarudin ( 11.12.2058 )
Adam M Kaisar ( 11.12.2073 )
Diyah Arum P  ( 11.12.2048 )
Dwi Ujianti ( 11.12.2044 )
Febri Dri S ( 11.12.2064 )
Gani Aditya ( 11.12.2037 )
Indra Rizky ( 11.12.2027 )
Sugiyani Lastari ( 11.12.2047 )
Wahyu Budi P ( 11.12.2041 )

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AMIKOM PURWOKERTO

Tahun 2011 / 2012


Profil Perusahaan

Tipe                 Terbuka (NYSE: F)
Didirikan         1903
Letak               Dearborn, Michigan
Tokoh penting             William Ford, Jr. Ketua Umum & CEO
Industri            Otomotif
Produk  antara lain :                 Aston Martin , Ford , Lincoln , Mazda , Mercury dan Volvo
Pendapatan                  $171,65 milyar USD (2004) [1]
Slogan              Built for the Road Ahead.
Situs                 www.ford.com
Ford Motor Company, pertama kali merambah dunia otomotif pada tanggal 16 Juni 1903, saat Henry Ford dan 11 rekanan bisnisnya menandatangani perjanjian kerja sama. Dengan modal 28,000 USD, mereka merupakan pendiri perusahaan yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.Hanya sedikit perusahaan yang tumbuh bersama berkembangnya industri otomotif pada abad ke-20 ini seperti Ford Motor Company.Seperti halnya perusahaan besar lainnya, Ford Motor Company memulai bisnisnya dari skala yang kecil.Pernah tersirat kekhawatiran pada saat Ford Motor Company baru berdiri.Pada tanggal 20 Juli 1903, kira-kira satu bulan sejak perusahaan ini berdiri, pengiriman pertama dilakukan kepada seorang dokter di Detroit.

Produksi Massal dimulai
Salah satu kontribusi Ford Motor Company terhadap industri otomotif adalah "moving assembly line".Pertama kali diimplementasikan di pabrik Highland Park di Michigan, di tahun 1913. Tehnik baru ini memperbolehkan tiap pekerja untuk menetap di satu tempat dan melakukan perakitan yang sama berulang kali, terhadap kendaraan yang hendak dirakit yang melewatinya.

Kendaraan Pertama
Henry Ford berpendapat bahwa masa depan perusahaan terletak pada produksi kendaraan yang terjangkau bagi masyarakat banyak. Diawal 1903, Ford Motor Company mulai menggunakan 19 huruf lapabet pertama untuk menamai kendaraan produksinya yang baru.Di tahun 1908, Model T pertama kali diproduksi. Ford Motor Company kemudian menjadi raksasa industri otomotif yang kemudian mendunia, setelah 19 tahun berkiprah di dunia otomotif dengan menjual 15 juta kendaraan Model T. Divisi Mercury didirikan untuk menjawab kebutuhan akan mobil dengan tingkat harga menengah. Ford Motor Company terus berkembang.


Menjadi Perusahaan Global
Di tahun 50an, seiring dengan diperkenalkannya Ford Thunderbird, Ford Motor Company menjadi perusahaan publik.Pada saat menjadi perusahaan publik pada tanggal 24 Februari 1956, didapatkan 350,000 pemegang saham baru. Henry Ford II amat peka terhadap perkembangan ekonomi dan politik pada tahun 50an, sehingga pada tahun 60an FMC berkembang menjadi perusahaan dunia dengan berdirinya Ford Eropa di tahun 1967, 20 tahun sebelum terbentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa. Ford juga mendirikan North American Automotive Operation pada tahun 1971 yang menyatukan operasi Ford di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, lebih dari dua dekade sebelum berdirinya North American Free Trade Agreement.
Ford Motor Company bermula seabad yang lalu dari visi seseorang terhadap produk mobil yang dapat menjawab kebutuhan konsumen.Kini, FMC adalah bagian keluarga besar industri otomotif yang terdiri dari merek merek terkemuka seperti; Lincoln, Mercury, Mazda, Jaguar, Land Rover, dan Volvo.FMC kini telah berkiprah hampir 200 tahun di industri otomotif, dan terus berkembang menjadi perusahaan global yang senantiasa berorientasi pada memproduksi mobil untuk menjawab kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah.

JENIS PRODUK FORD MOTOR COMPANY

Yang pertama anggota dari Ford Motor Company. Ford menawarkan distinctively dirancang kendaraan dan terjangkau untuk berbagai gaya hidup dunia. Model dari T-mobil yang pertama membawa mobil ke-orang ke yang lebih baru seperti Mustang favorit di Amerika Serikat, Mondeo di Eropa, EcoSport di Amerika Selatan dan Teritori di Asia.Kendaraan Ford yang paling popular di kalangan dunia seperti mobil, truk dan SUV.
Ford Motor Company diperoleh Lincoln Motor Company pada 1922 seharga $ 8 juta.Lincoln menjadi yang pertama "luar" untuk bergabung dengan keluarga merek Ford dan Ford Motor Company dimulai dari masuk ke dalam bidang kendaraan mewah.Lincoln dari kendaraan terutama sejarah didominasi oleh beberapa berkembang baris mobil mewah, termasuk Benua, ditingkatkan dengan model baru setiap tahun untuk memenuhi tujuan dari merek memberikan "pengampunan pada finest."
Mercury adalah unik dengan Ford Motor Company keluarga sebagai satu-satunya merek kendaraan selain Ford diciptakan dari dalam perusahaan.Pada pertengahan 1930an, manajemen di Ford Motor Company mulai mengidentifikasi kesenjangan antara baris produk ekonomis Fords dan mewah Lincolns.Mercury dikembangkan untuk mengisi kesenjangan yang membawa dan Ford Motor Company yang kompetitif tajam.Disusun sebagai keseimbangan mewah dan keterjangkauan, Mercury membuktikan sebuah merek fleksibel dan bertahan selama bertahun-tahun.
Dari dunia pertama tiga titik sabuk keselamatan kepada dunia pertama keselamatan-konsep mobil, Volvo telah menetapkan standar keselamatan otomotif sejak tahun 1927.Volvo dari komitmen terus-menerus untuk keselamatan, lingkungan dan inovasi tetap kuat seperti hari ini karena telah lebih dari 80 tahun yang lalu.

Visi Ford Motor
To become the world's leading consumer company for automotive products and services

Misi Ford Motor
We are a global family with a proud heritage passionately committed to providing personal mobility for people around the world.
We anticipate consumer need and deliver outstanding products and services that improve people’s lives.
One Team
people working together as lean, global enterprise for automotive leadership, as measured by : Costumer, Employer, Dealer, Investor, Supplier, Union/Council, and Community Satisfication
One Plan
1.      Aggresively restructure to operate profitably at current demand and changing model mix
2.      Accelerate development of new products our costumer want and value
3.      Finance our plan and improve our balance sheet
4.      Work together effectively as one team
One Goal
An exciting viable Ford delivering profitable growth for all

LAYANAN BRAND FORD MOTOR COMPANY
1.      Kredit Ford Motor Company

Ford Motor Company Kredit dimiliki merupakan anak perusahaan dari Ford.Memberikan pembiayaan otomotif Ford, Lincoln, Mercury dan Volvo dealer dan pelanggan.

2.      Genuine Parts dan Layanan
Genuine Parts & Layanan menawarkan keandalan pabrik terlatih perawatan dan perbaikan, nyaman tersedia melalui Ford, Lincoln, dan Mercury-dealerships memastikan keunggulan pengetahuan tentang kendaraan Anda.

3.      Motorcraft ®
Motorcraft ® adalah bagian premi yang disukai pilihan Ford Motor Company. Dari motor ke transmisi secara minyak dan di antara semuanya, Motorcraft ® bagian memberikan kualitas luar biasa dan sesuai.



Struktur Organisasi Ford Motor Company


ANALISIS SWOT FORD MOTOR

KEKUATAN
(STRENGHTS)
1.    telah menjadi automaker terbesar kedua di Eropa
2.    industri yang ramah lingkungan dan mempunyai social responsibility.
3.    menerima beberapa penghargaan dari berbagai pihak atas pengembangan produk dan pelayanan konsumen.
4.    dapat bertahan dalam krisis global
5.    terus melakukan inovasi-inovasi

KELEMAHAN
(WEAKNESSES)
1. Beberapa daerah pemasaran kurang memberikan respon yang baik diakibatkan oleh model dari Eropa tidak sebagai harga kompetitif dengan produk Jepang sebagai saingan, dan tidak pula dianggap handal.
Beberapa daerah produksi Ford Motor ditutup.

PELUANG
(OPPORTUNITIES)
1.      memiliki segmen pasar yang cukup luas
2.      dapat lebih bertahan dalam keadaan krisis global dibanding para pesaing lainnya


1.      sebagai automaker terbesar kedua di dunia, akan membuat perkembangan segmen pasar yang akan lebih luas lagi.
2.      dengan melakukan inovasi-inovasi yang lebih akan membuat perusahaan dapat bertahan dalam krisis global
3.      meningkatkan kualitas terhadap pelayanan terhadap konsumen


1.      peningkatan proses pemasaran pada daerah-daerah yang kurang memberikan respon baik.
2.      peningkatan produksi yang tepat guna.
3.      lebih meningkatkan pengendalian internal dan eksternal.

ANCAMAN
(THREATS)
·         Krisis global yang telah menekan industri otomotif dunia
·         Perkembangan perusahaan pesaing yang significant
·         Kemungkinan adanya pendatang baru yang potensial
·         Tingginya harga bahan baku.
·         5. Kenaikan biaya-biaya operasional.

1.      Peningkatan promosi agar meningkatkan penjualan akibat krisis global
2.      Mepertahankan predikat automaker, dan mengusahakan untuk menjadi lebih.
3.      Bekerja sama dengan beberapa produsen bahan baku


1.      Meningkatan promosi untuk peningkatan penjualan
2.      Pengidentifikasian kemungkinan pendatang baru atau pesaing lama yang dianggap potensial.



Values Ford Motor Our business is driven by our consumer focus, creativity, resourcefulness, and entrepreneurial spirit.
• We are an inspired, diverse team. We respect and value everyone's contribution. The health and safety of our people are paramount.
• We are a leader in environmental responsibility. Our integrity is never compromised and we make a positive contribution to society.
• We constantly strive to improve in everything we do. Guided by these values, we provide superior returns to our shareholders.
Visi Misi Pesaing Perusahaan
1.    TOYOTA
Visi Toyota
Menjadi perusahaan otomotif yang paling sukses dan dihormati di kawasan Asia Tenggara dengan memberikan pengalaman terbaik dalam kepemilikan kendaraan
Misi Toyota
1. Secara berkesinambungan menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta memenuhi kebutuhan pelanggan melalui program pemasaran yang terbaik
2. Mengembangkan karyawan yang berkompeten dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik untuk mendukung tercapainya kepuasan pelanggan
3. Memperkuat kolaborasi dengan produsen, dealer utama dan dealer-dealer melalui komunikasi dan kerjasama yang lebih baik
4. Untuk mengembangkan operasi perusahaan yang sehat dalam segala aspek, misalnya pemenuhan peraturan, lingkungan dan lain-lain.
2.     GENERAL MOTOR (GM)
Visi GM
Our vision is to be the world leader in transportation products and related services
Misi GM
To market vehicles developed and manufactured in the United States that are world leaders in quality, cost, and customer satisfaction through the integration of people, technology, and business systems and to transfer knowledge, technology, and experience through GM.
3.     CHRYSLER
Visi Chrysler
In order to safeguard our long-term success and the future of our company, while enhancing social acceptance for our operations, we have committed ourselves to a vision of sustainability. This vision encompasses three dimensions of responsibility:
•     We bear responsibility for our Group’s business performance and long-term economic success.
•     We bear responsibility for the sparing use of our planet’s resources and for maintaining an intact environment – for present and future generations.
•     And we bear responsibility for the people involved in or affected by our company’s business activities, and for society as a whole. Our company therefore strives to play a proactive role in shaping society.
      Misi Chrysler
DaimlerChrysler’s strategy has the goal of increasing corporate value through profitable growth. We intend to assume a leading role in the worldwide automotive industry. With regard to the quality of our products and services, the positioning of our brands and our profitability, we are striving to achieve top position in international competition. Our strategy is therefore based on the following strategic dimensions and our fundamental values:
•     Superior Products & Customer Experience
•     Leading Brands
•     Innovation & Technology Leadership
•     Global Presence & Network
Peta Posisi Pasar Tahun 2007– 2008
Strategi Perusahaan
         Our strategy is to ensure that we have sufficient funding available with a high degree of certainty throughout the business cycle.
         Our long-term goal is to improve our core Automotive operations so that we have a high degree of certainty about our capability to generate cash from our operations.
         In addition, our strategy includes maintaining large gross cash balances, having a long-dated debt maturity profile, maintaining committed credit facilities, and funding long-term liabilities over time.
• Repay its debt obligations
Strategi Pemasaran
         Purchase retail installment sale contracts and retail lease contracts to support the sale of Ford products, which are influenced by Ford-sponsored special-rate financing programs that are available exclusively through Ford Credit,
         Provide wholesale financing and capital financing for Ford dealers, and
Nilai Perusahaan
Kekuatan perusahaan
1.      Produk memiliki brandmark yang tinggi
Produk dari Ford Motor merupakan produk yang dikenal luas oleh masyarakat. Hal itu mengakibatkan konsumen lebih percaya dan memiliki loyalitas terhadap produk tersebut

2.      Memiliki keanekaragaman produk, seperti Jaguar, Lincoln, Volvo, Mercury,Mazda, dan Land Over
Ford Motor menghasilkan berbagai produk sehingga konsumen memiliki banyak pilihan dalam hal desain, harga, tipe, dan spesifikasi produk.
3.      Memiliki pangsa pasar yang luas mencakup beberapa benua
Ford Motor memiliki shourum dan dealer yang tersebar di beberapa Negara.
Pangsa pasar tersebut dapat dilihat dari data di bawah ini :


4.      Produk yang dihasilkan memiliki ciri khas tertentu
Misalnya penggunaan “rotary engine” yang hanya ada pada Mazda, ciri khas pada design produk Volvo yang klasik, serta gaya dan kemewahan kontemporer pada Jaguar.
5.      System pemasaran produk eksklusif di tiap benua memiliki perbedaan di setiap Negara
Sebagai contoh mazda verisa hanya dipasarkan di Jepang karena disesuaikan dengan selera dan kondisi masyarakat di Jepang.
6.      Memiliki kekuatan operasi yang kuat di Asia, Afrika, dan Mazda
Kekuatan operasi itu dapat dilihat dari capaian yang kuat dalam tahun fiscal perusahaan. Pendapatan dari ford Asia, Afrika, dan Ford Mazda memiliki capaian pendapatan tertinggi bagi perusahaan. Oleh karena itu, ketiga bagian itu dapat dijadikan sebagai pengarah laba bagi perusahaan.

Identifikasi Kekuatan Kelemahan Internal

Kekuatan dan kelemahan internal merupakan aktivitas organisasi yang dapt dikendalikan dengan sangat baik atau pun sangat buruk.kekuatan dan kelemahan internal tersebut terdapat dalam aktivitas management, pemasaran, keuangan, dan produk organisai itu sendiri. Kekuatan dan kelemahan Ford Motor Comany dalam dunia bisnis otomotif diantaranya :

Analisa Kekuatan Ford Motor Company:

1.      Ford telah menjadi automaker terbesar kedua di Eropa
2.      Ford Company terus berusaha untuk mengurangi emisi CO 2 dari operasinya merupakan industri yang ramah lingkungan dan mempunyai social responsibility.
3.      Telah menerima beberapa penghargaan dari berbagai pihak atas pengembangan produk dan pelayanan konsumen.
4.      Memiliki metode untuk produksi mobil skala besar dan manajemen tenaga kerja industri yang menggunakan elaborately engineered sequence typified oleh manufaktur pindah baris assembly. Metode ini dikenal di seluruh dunia sebagai Fordism oleh 1914.
5.      Dapat bertahan dalam krisis global
Beberapa tahun terakhir Ford Motor mengalami kerugian.Meski demikian, perusahaan dituntut untuk memiliki likuiditas yang cukup untuk mendanai rencana bisnis dan dengan demikian, tidak meminta bantuan pemerintah.
6.      Terus melakukan inovasi-inovasi baru
7.      Banyak melakukan kegiatan sosial, terutama bidang pendidikan
8.      Memiliki beberapa perusahaan-perusahaan mitra seperti ini, dapat menawarkan berbagai produk dan layanan inovatif, antara lain:

Analisa Kelemahan Ford Motor Company:

1.      Beberapa daerah pemasaran kurang memberikan respon yang baik diakibatkan oleh model dari Eropa tidak sebagai harga kompetitif dengan produk Jepang sebagai saingan, dan tidak pula dianggap handal.

2.      Beberapa daerah produksi Ford Motor ditutup.
Pada bulan Februari 2002, produksi mobil Ford di Inggris berakhir.Itu adalah pertama kalinya dalam 90 tahun mobil Ford yang tidak pernah dibuat di Inggris.

Identifikasi Peluang dan Hambatan Eksternal
Penilaian eksternal suatu perusahaan tidak hanya ditujukan untuk mengembangkan daftar yang panjang mengenai semua faktor yang mungkin mempengaruhi suatu bisnis, sebaliknya ia ditujukan untuk mengidentifikasi variable kunci yang menawarkan respon yang dapat dijalankan. Perusahaan harus dapat merespon dengan baik baik secara agresif maupun defensive terhadap faktor-faktor yang ada dengan memformulasikan strategi yang dapat diambil keuntungan dari peluang eksternal atau meminimalkan pengaruh dari hambatan yang potensial.
Analisa peluang, antara lain:

a.       Dimensi industri
Semakin berkembangnya kebutuhan manusia akan transportasi, menyebabkan semakin tinggi pula permintaan terhadap alat-alat transportasi untuk mencapai tujuan/tempat yang mereka inginkan dengan nyaman dan aman. Hal ini memberikan peluang bagi Ford Motor untuk lebih mengembangkan usahanya, baik produk yang dihasilkan maupun pelayanan lain yang mendukung kenyamanan konsumen..

b.      Dimensi pasar
Disini dapat dilihat peluang dari Ford Motor yang mempunyai keberadaan global dalam bidang transportasi baik produk mobil yang diproduksi juga mengenai kemudahan pemberian kredit, dan penjualan motorcraft.
Adapun segmen operasi Ford Motor Company, yaitu:
1.      Eropa
2.      Asia Pasifik
3.      Amerika Selatan
4.      Afrika dan Timur Tengah

c.       Dimensi konsumen
Pengaruh gaya hidup tiap orang akan mempengaruhi dalam memenuhi kebutuhannya dan akan semakin mempengaruhi tingkat keinginan akan kecepatan, kemudahan, dan kenyamanan dalam mendapatkan kebutuhan yang memadai, termasuk transportasi. Ford Motor Company telah menyediakan Kredit Ford Motor Company, yang merupakan anak perusahaan dari Ford, dengan memberikan pembiayaan konsumen mobil pinjaman otomotif Ford, Lincoln, Mercury dan Volvo dealer dan pelanggan. Mendorong pinjaman konsumen, dan angsuran untuk memacu penjualan.

Analisa ancaman, antara lain:

Ancaman Ford Motor Company yang mungkin akan dihadapi, adalah:
a.       Krisis global yang telah menekan industri otomotif dunia
b.      Perkembangan perusahaan pesaing yang significant
c.       Kemungkinan adanya pendatang baru yang potensial
d.      Tingginya harga bahan baku.
e.       Kenaikan biaya-biaya operasional.

Automakers’ 2006 Market Share in China

Volkswagen
16.4%
GM
10.7%
Hyundai
9.8%
Honda
7.7%
Chevy
7.2%
Toyota
6.6%
Ford
5.7%
Nissan
5.0%
FAW
4.9%
Geely
4.9%


Kesimpulan dan Saran


A.    Kesimpulan
Perkembangan teknologi dalam segala bidang menuntut sebuah inovasi dan transformasi yang berkelanjutan.Dalam industri otomotif, sebuah sarana transportasi yang modern diperlukan untuk menunjang keinginan ataupun selera konsumen yang terus berkembang. Ford sebagai salah satu pemain dalam industri tersebut membutuhkan inovasi yang kompleks untuk memenuhi selera konsumennya. Namun posisi keuangan Ford yang berada dalam siklus decline, dimana posisi keuangan terus menurun dari tahun ke tahun, mengharuskan adanya perubahan yang signifikan dalam system, maupun manajemennya.
B.     Saran
Ford sebagai perusahaan yang berada di posisi decline membutuhkan evaluasi dan inovasi yang tepat serta berkelanjutan. Tetap dibutuhkan produk yang berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan selera konsumen.Pengevaluasian dan respon yang positif atas keluhan – keluhan konsumen juga diperlukan untuk membantu perbaikan posisi keuangan maupun peringkat brandmark dalam dunia persaingan yang kian makin ketat antar produsen otomotif.
.


Manajemen warung dengan modal terbatas


Kemarin saat ngobrol di warung angkringan, ada yang bertanya mas, saya mau buka usaha warung atau toko kelontong kecil-kecilan tapi modalnya kecil, baiknya bagaimana ya ?
Tentu saja saya langsung bilang, modal uang berapapun, untuk suatu usaha, adalah terbatas, dan ukurannya relatif terhadap bisnis yang akan dibuka. Untuk ukuran saat ini (2011) Uang 4 juta untuk buka warung di rumah bisa dianggap cukup tapi modal 4 milyar untuk buat pabrik sepeda motor sangatlah kurang.
Menurut saya untuk membuka warung atau toko kelontong sebaiknya memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut :
1. Lokasi usaha :
a. bila lokasi anda adalah di rumah dan tidak mengeluarkan uang lagi untuk menyewa, merupakan suatu keuntungan besar.
b. Bila lokasi anda adalah di lingkungan yang ramai (perkampungan), merupakan keuntungan yang besar pula. Jangan terpaku harus di jalan raya, soto sutri buktinya di gang dan agak susah dicari toh laris juga. Baca pergerakan orang-orang “calon konsumen” yang anda tuju. Pastikan calon konsumen cukup banyak agar dapat membuat warung anda berkembang .
c. Bila berada di jalan raya baca pergerakan orang-orang, jangan sampai anda membuka usaha di jalur cepat, orang akan malas berhenti (karena berbahaya berhenti mendadak di jalur cepat), dan kemungkinan besar papan nama Anda tidak akan terbaca. (ini berlaku juga untuk usaha lain yang sifat / posisi menjualnya menunggu pelanggan datang)
2. Saingan :
a. Saingan anda meski Anda Cuma buka warung adalah sesama warung yang barang dagangannyan sama, dan ALFAMART/INDOMART/Swalayan yang sejenis dekat anda.
3. Aliran uang kas, Jangan sampai ada yang berhutang sedikitpun. Utarakan secara halus tapi tegas.
Bila karena hal ini konsumen yang merupakan tetangga anda tidak mau beli di tempat anda maka adalah Lebih baik barang dagangan anda utuh meski tidak ada uang cash di tangan daripada barang dagangan habis (karena dibeli secara hutang) dan tidak ada uang cash di tangan (karena belum dibayar dan entah kapan dibayar). Warung kososng, mau isi dagangan uang darimana ?
a. Bedakan sedekah dan bisnis Anda. Anda harus semaksimal mungkin mendapatkan uang dari bisnis Anda untuk mengembangkan bisnis Anda dan menghidupi Anda beserta keluarga. Anda boleh saja menyumbangkan beras 100 kg untuk keluarga miskin dan tidak mampu atau menjadi orang tua asuh bagi pendidikan anak dari keluarga miskin, zakat maal (bagi yang beragama islam, atau perpuluhan bagi yag beragama nasrani) tapi itu Anda sisihkan dari keuntungan Anda, sedangkan ketika keluarga miskin akan berhutang barang dagangan anda, adalah lain hal. Jangan ada yang berhutang , jangan sampai terjadi.
b. Bagi keluarga yang tidak miskin , terkadang mereka berhutang sembako di warung Anda, tapi mereka membayar cash baju, sepatu dll di supermarket, mereka membayar cash parfum di indomaret/alfamart, ini sungguh tidak adil. Lucunya lagi bagi yang kepala keluarganya karyawan entah itu swasta ataupun pemerintah, bisa terjadi hutang bulan lalu 300 ribu, saat awal bulan berikut (saat gajian) membayar 260 ribu, lalu berhutang kembali 300 ribu, begitu seterusnya ter akumulasi hingga entah berapa dan entah kapan. Bisnis Anda bukan untuk mensubsidi keluarga lain khan ?
c. Ada yang berhutang sebatang rokok ? oh, please, persilakan mereka untuk berhutang pada toko swalayan/alfamart/indomart saja. Toh tidak merokok 1 tahun juga masih bisa hidup.
d. Kenapa saya bersikap begitu keras terhadap para konsumen yasng berhutang, karena
1. Bila Anda beragama islam taat tentu dilarang menjual dengan 2 harga (harga cash dan harga tempo)
2. Uang anda berhenti berputar,.bila dagangan dihutangkan tanpa bunga sementara bila terus berputar maka kemunginan besar akan menghasilkan lebih banyak lagi meski dengan modal yang sama,
3. Rasanya lucu menjual pasta gigi diberi tambahan bunga.
4. Entah kapan mereka membayar, sehingga bila akan menetapkan bunga akan kesulitan.
5. Ketika menagih mungkin anda malah di musuhi.
e. Anda bukan pemilik supermarket. Secara sederhana, pemilik supermarket di beri hutang dagangan oleh para pemasok, dan mendapatkan pembayaran cash dari pembeli, pemilik supermarket hanya menyediakan tempat, dan berusaha keras mendatangkan pembeli.
Sementara Anda, dagangan harus membeli secara cash, berusaha keras mendatangkan pembeli, dan dagangan ada yang mau hutang, jangan sampai.
4. Harga
Menetapkan harga tentu saja harus di atas harga pembelian. Banyak yang menerapkan 1.1 x harga beli = harga jual (keuntungan 10 persen). Tapi tentu saja jangan sampai jauh di atas harga jual rata-rata pesaing anda. Dan pesaing anda seperti yang telah saya tulis sebelumnya, tidak Cuma warung yang sama dengan anda tapi juga alfamart/indomart di tempat anda. Kabar buruknya alfamart/indomaret telah memiliki pemasok yang bagus, kabar baiknya kadang mereka harganya diatas harga rata-rata warung yang sejenis dengan anda, sehingga harga anda bisa bersaing.
5. Stock barang :
Amati pesaing, lihat alfamart. Mereka menyediakan berbagai jenis barang, tidak terlalu sedikit jenisnya tapi juga tidak terlalu banyak. Bisa dikatakan Cuma sayuran dan ikan teri/asin yang belum mereka sediakan. Anda sebaiknya meniru, menyediakan jenis barang yang banyak, sesuai dengan yang barang kebutuhan sehari-sehari yang dibutuhkan calon pembeli, dengan persediaan unit yang tidak terlalu banyak. Sebagai contoh : gunting kertas ada 1unit, gunting kuku ada 1 unit, sisir ada 1 unit, lem kertas ada 2 unit, materai 6000 ada 2 unit
Mudahnya warung anda adalah warung yang komplit meski persediaan unit barang yang tersedia cuma dibawah 5 unit untuk 1 jenis barang
Seiring berjalannya waktu, anda akan mengetahui barang-barang apa yang laku keras (perputarannya cepat). Perbanyak unit barang yang laku tersebut, agar stock selalu tersedia. Barang yang lakunya lambat tetap di sediakan, dengan unit sedikit.
Contoh : indomie ayam bawang laku, maka sediakan 2 dus. Indomie goreng dan mie sedap goreng serta mie sedap ayam bawang special cukup banyak juga yang membeli, sediakan 1 dus untuk masing masing. Supermie dan sarimi serta mie lain ada juga yang mencari, tapi sangat jarang, maka cukup sediakan 4 bungkus untuk masing masing.
Barang yang disediakan warung sebaiknya adalah sesuai dengan kekuatan anda dalam berhubungan dengan pemasok, dan yang dibutuhkan oleh calon konsumen anda.
1. Bila tidak ada tukang sayur keliling di lingkungan anda maka sediakan sayur mayur. Lingkungan sekitar pasti setiap hari membuat sayur. Sediakan sayuran yang bagus untuk dijual. Pastikan hari itu juga habis sehingga sayuran yang tersedia selalu segar. Sebenarnya tersedianya sayuran bisa memancing pembelian barang lain.
2. Beras,gula, minyak goreng dan barang lain yang sering disebut sembako.
3. Pasta gigi, sabun, deterjen, sikat gigi dan berbagai barang lain.
4. Pulsa
Sembari berjalannya waktu anda juga akan mengetahui barang-barang apa yang dibutuhkan pelanggan yang wajar untuk disediakan di warung anda. Meski semua pelanggan anda memiliki sepeda motor, anda tentunya tidak perlu menyediakan bensin eceran kecuali SPBU terdekat jaraknya 30 kilometer  .
6.Promosi :
Alfamart yang terkenal itu, masih tetap membagikan brosur kepada masyarakat disekeliling tokonya, meski telah berdiri lebih dari 2 tahun. Kenapa Anda tidak ?
Untuk awal membuka warung, ada baiknya membuat brosur kecil untuk dibagikan ke sekeliling anda. Tidak perlu bagus-bagus cukup dengan hasil cetakan computer/print biasa yang lalu di fotokopi. Katakan biaya mengetik brosur 5000 dan fotocopy 45000, ukuran kertas folio di bagi menjadi 2 bagian. Sudah lebih dari cukup untuk membuat anda kebingungan
Jke mana lagi membaginya  apa isi brosurnya tentu saja intinya adalah telah dibuka warug xyz di alamat ABCDE. Hanya di hari pembukaan tersedia 25 paket sembako harga hemat. Nah paket sembako harga hemat ini anda tentukan sendiri isinya, tapi jangan mengambil keuntungan sedikitpun (kecuali mungkin biaya plastic/kresek/dus pembungkus paket). Karena ini untuk menarik perhatian calon pelanggan.
Spanduk :
Jasa printing digital saat ini cukup tejangkau, dengan 80 ribu rupiah anda mendapat spanduk yang cukup besar untuk warung anda.
Meski jasa printing digital bisa menepelkan foto berbagai macam, dan desain tulisan/jenis huruf/font yang indah indah, jangan gunakan gambar dan tulisan indah !
a. Buatlah 2 atau 3 warna saja, yang kontras, contoh biru gelap dan kuning, biru gelap dan putih, kuning dan merah.
b. Tanpa tambahan foto dan gambar. Meski indah akan mengganggu orang membaca nama warung/toko anda
c. Jenis huruf yang jelas contoh : arial, Calibri, times new roman. Jangan gunakan jenis huruf yang miring, atau seperti tulisan tangan. Meski indah akan menyulitkan orang membaca nama warung/toko anda .
Semoga warung / toko anda berkembang, sukses

Advert
Kebanyakan orang bila mendengar Franchise, biasanya yang pertama terbayang adalah McDonald dan Alfamart. McDonald sebagai brand dari luar negeri dan Alfamart yang sangat pesat pertumbuhannya di seantero Pulau Jawa (dan juga cepat merambah ke wilayah lain di Indonesia).
Ok, mari kita lihat lebih mendalam apa itu Franchise.
Franchising adalah kesepakatan bisnis antara sebuah perusahaan (sebutlah XYZ) yang menyediakan barang atau jasa dengan seseorang atau perusahaan (sebutlah CBAZ) yang menjual barang atau jasa tersebut di lokasi yang telah ditentukan.
XYZ yang menyediakan barang atau jasa yang di -Franchise-kan disebut Franchisor
CBAZ yang menjual barang atau jasa yang di -Franchise-kan di lokasi tertentu disebut Franchisee.
Perjanjian Franchise adalah kontrak yang memberi wewenang Franchisee untuk menggunakan nama bisnis Franchisor dan merek dagangnya beserta logonya sebagai pertukaran atas pembayaran yang telah ditentukan.
Kenapa Franchise patut dipilih untuk memulai bisnis bagi franchisee ?
1. Adanya pelatihan manajemen dan pendampingan
Pengalaman adalah guru yang berharga, lha kalau belum punya pengalaman kemana mencari guru ?
Disinilah franchisor berperan sebagai mentor, bagaimana memulai dan mengoperasikan bisnis.
2. Nama, produk / jasa dan konsep beroperasi yang telah terkenal di masyarakat.
Konsumen akan mengetahui apa yang di dapat dari produk/jasa yang ditawarkan franchisee.
Contoh : Konsumen dari jakarta ketika mudik di perjalanan atau tempat tujuan, karena kopernya ketinggalan dapat membeli handuk, sikat gigi, pasta gigi di alfamart sambil menarik tunai uang dari Bank BCA (ini contoh lho ya, terpaksa menyebut merk)
Atau ketika membeli pempek di salah satu franchisee Pempek Tjek Entis, konsumen mengerti bagaimana kira-kira rasa pempeknya (haduh nyebut merek lagi.. haha gapapa lah)
3.Pendampingan Keuangan
Memulai bisnis bisa sangat memakan biaya, dan wirausahawan sering kali memiliki sumber daya yang terbatas. Nah karena sang wirausahawan terhubung dengan nama bisnis yang terkenal, maka pihak pemberi pinjaman mungkin akan lebih bermurah hati :)sehingga kesempatan mendapatkan dana lebih terbuka. Nah, kadangkala Franchisor juga memberikan refrensi untuk pembelian berbagai peralatan, yang memungkinkan franchisee membeli dengan harga lebih murah, atau suku bunga kredit yang lebih ringan atau masa pembayaran yang lebih lama… Asyik kan ?
Eits nanti dulu, memulai bisnis dengan sistem Franchise juga ada kerugiannya lho, yuk kita tengok
1. Biaya Franchising
Nah, biaya awalnya kadang gedhe banget kalo untuk merek yang terkenal seantero jagat. Belum lagi fee atau royalti yang besarannya bisa sampai 20 persen. Ada juga biaya iklan untuk lokal misalnya. eh ketambahan lagi saran-saran manajerial kadang di-charge juga
2. Kebebasan beroperasi yang terbatas.
Wirausaha kadang mencari kebebasan, lha kalau franchisee harus patuh aturan dari franchisor, yang paling keliatan ya wilayahnya yang dibatasi, jadi kalo mau berkembang ya terbatas. Belum lagi desain, pembelian dari supplier, peraturan operasional, semua harus nurut franchisor kalo ngga mau kehilangan  hak sebagai franchisee.
3. Lama kontrak
Kadang kala kontrak franchise selama 10 tahun terlalu lama. Kita ngga tahu apa yang bisa terjadi 10 tahun mendatang. Misalkan dalam 5 tahun bisnis yang kita beli haknya sudah tidak “jaman” maka yang 5 tahun khan hilang karena kita memegang hak bisnis yang sudah tidak dibutuhkan masyarakat contoh : Wartel khan tergerus perkembangan jaman karena sekarang anak 5 tahun saja sudah pegang handphone. (untung saat dulu wartel booming belum hebih franchise ya)
Nah jadi kalo mau berbisnis dengan mengambil Franchise, lihat baik baik dan baca dengan seksama isi kontrak perjanjiannya ya ….